Pengertian marketing mix

Posted by bos iklan Selasa, 16 Juli 2013 0 komentar
pengertian marketing mix
Pengertian marketing mix atau  bauran pemasaran adalah alat yang digunakan oleh profesional pemasaran, marketing mix penting saat menentukan produk dan memasarkan merek,  identik dengan 4 P :
Price( harga),Product(produk),Promotion(promosi),Place(tempat),
istilah marketing mix atau bauran pemasaran sendiri dicipatakan dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Neil Borden "Konsep Marketing mix",  Ia mulai mengajar istilah setelah ia belajar tentang hal itu dari seorang rekan, James Culliton, yang pada tahun 1948 menggambarkan peran manajer pemasaran sebagai "mixer bahan", salah satu yang kadang-kadang mengikuti resep disiapkan oleh orang lain, kadang-kadang menyiapkan resep sendiri saat ia berjalan bersama.
Para pemasar E. Jerome McCarthy mengusulkan klasifikasi empat Ps pada tahun 1960, yang sejak itu telah digunakan oleh pemasar di seluruh dunia :
1. Produk
Sebuah produk dipandang sebagai item yang memenuhi apa yang konsumen kebutuhan atau keinginan. Ini adalah baik berwujud atau tidak berwujud layanan. Produk berwujud layanan berbasis seperti industri pariwisata, industri hotel dan industri keuangan. Produk nyata adalah mereka yang memiliki keberadaan fisik independen. Contoh khas diproduksi secara massal, benda-benda nyata adalah mobil motor dan pisau cukur sekali pakai. A kurang jelas, tetapi di mana-mana layanan diproduksi secara massal adalah sistem operasi komputer.

Setiap produk dikenakan siklus hidup termasuk fase pertumbuhan diikuti dengan fase kematangan dan akhirnya periode akhirnya penurunan sebagai jatuh penjualan. Pemasar harus melakukan penelitian yang cermat pada berapa lama siklus hidup produk yang mereka pemasaran cenderung dan memusatkan perhatian mereka pada tantangan yang berbeda yang muncul sebagai langkah produk.
Pemasar juga harus memperhatikan bauran produk. Pemasar dapat memperluas bauran produk saat ini dengan meningkatkan kedalaman lini produk tertentu atau dengan meningkatkan jumlah lini produk. Pemasar harus mempertimbangkan bagaimana posisi produk, bagaimana memanfaatkan merek, bagaimana memanfaatkan sumber daya perusahaan dan bagaimana mengkonfigurasi bauran produk sehingga setiap produk melengkapi yang lain. Pemasar juga harus mempertimbangkan strategi pengembangan produk.
2. Price (Harga)
jumlah pelanggan membayar untuk produk. Harga sangat penting karena menentukan keuntungan perusahaan dan karenanya, kelangsungan hidup. Menyesuaikan harga memiliki dampak yang mendalam pada strategi pemasaran, dan tergantung pada elastisitas harga produk, sering akan mempengaruhi permintaan dan penjualan juga. Pemasar harus menetapkan harga yang melengkapi unsur-unsur lain dari bauran pemasaran.
Ketika menetapkan harga, pemasar harus menyadari nilai yang dirasakan pelanggan untuk produk. Tiga strategi harga dasar adalah: skimming harga pasar, harga penetrasi pasar dan harga netral. The 'nilai referensi' (di mana konsumen mengacu pada harga produk yang bersaing) dan 'nilai diferensial' (pandangan konsumen terhadap atribut produk ini versus atribut produk lainnya) harus diperhitungkan
3.Promotions(Promosi)
semua metode komunikasi yang pemasar dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada pihak yang berbeda tentang produk. Promosi terdiri dari unsur-unsur seperti:. Periklanan, public relations, personal selling dan promosi penjualan.
Iklan meliputi setiap komunikasi yang dibayar, dari iklan bioskop, radio dan iklan internet melalui media cetak dan billboard. Public relations adalah di mana komunikasi tidak langsung dibayar dan termasuk siaran pers, kesepakatan sponsor, pameran, konferensi, seminar atau pameran perdagangan dan acara. Word-of-mulut adalah setiap komunikasi rupanya informal mengenai produk oleh individu biasa, pelanggan yang puas atau orang-orang khusus bergerak untuk menciptakan kata momentum mulut. Penjualan staf sering memainkan peran penting dalam dari mulut ke mulut dan hubungan masyarakat (lihat 'produk' di atas)
4.Distribution/Place
mengacu pada penyediaan produk di tempat yang nyaman bagi konsumen untuk mengakses. Berbagai strategi seperti distribusi intensif, distribusi selektif, distribusi eksklusif dan waralaba dapat digunakan oleh pemasar untuk melengkapi aspek-aspek lain dari bauran pemasaran

Semoga bermanfaat.
Reff. https://en.wikipedia.org/wiki/Marketing_mix


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian marketing mix
Ditulis oleh bos iklan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bosiklan22.blogspot.com/2013/07/pengertian-marketing-mix.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

TEMPLATE CREDIT:
Tempat Belajar SEO Gratis Klik Di Sini - Situs Belanja Online Klik Di Sini - Original design by Bamz | Copyright of Bosiklan22.